Kamis, 7 Maret 2013
Oleh :Zahrul Azhar Asumta, M.kes
( MATERI 1)
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Dalam pertemuan kuliah
pertama dengan pak azhar mengenai
mutu pelayanan kebidanan,dan bagaimana menciptakan sebuah mutu serta bagaimana kita mampu memberikan
pelayanan kepada klien yang variatif adalah sbb:
Mutu dapat diartikan
sebagai sebuah kesempurnaan/ kesesuaian terhadap sesuatu( layanan) dengan apa
yang diharapkan oleh seseorang ( klien/pasien) sehingga tercapai sebuah
kepuasan secara maksimal . pada dasarnya pelayanan yang kita berikan adalah
harus mengarah pada satisfication seorang klien sehingga mereka merasa
terpenuhi semua apa yang dibutuhkan atau diinginkan dan secara tidak langsung
kita mampu menciptrakan pangsa pasar.
Menciptakan dan menjaga
mutu merupakan hal mutlak yang harus kita jaga, dan mutu sendiri tidak hanya di
artikan sebagai sesuatu yang mahal atau memerlukan biaya yang cukup besar akan
tetapi dapat kita ciptakan dengan
menjaga komunikasi baik dengan klien dan memahami berbagai karakter dari
seorang klien.
Menurut pak azhar dalam
pertemuan kuliah yang lalu menjelaskan bahwa terdapat 4 tipe manusia di dunia
ini, diantaranya:
1)
Manusia dengan tipe coleris
Manusia
yang selalu berusaha menguasai orang
lain atau ingin selalu terlihan menonjol dan mempunyai kekuasaan dalam sebuah
kelompok atau komunitas tertentu. Dan manusia dengan tipe yang seperti ini
lebih suka dipuji atau disanjung- sanjung
2)
Manusia dengan tipe flekmatis
Manusia
yang biasanya tidak mempunyai prinsip yang matang, selalu pasrah dan selalu
menuruti kata orang lain yang dianggapnya benar.
Tipe
yang separti ini biasanya cenderung apatis, tidak mau tahu dan tidak mau bicara
panjang lebar
3)
Manusia dengan tipe melankolis
Manusia
yang biasanya lebih peka dan sangat mudah tersinggung sehingg dalam
berkomunikasi dengan tipe ini harus lebih hati- hati dan biasanya tipe ini
lebih suka diajak curhat
4)
Manusia dengan tipe sanguinis
Manusia
kebaradaannya selalu ingin dikenal dan diketahui orang lain, lebih suka
memperlihatkan jati dirinya kepada orang lain. Dan cara berkomunikasi dengan
tipe ini sebaiknya bersikap SKSD ( sok
knal sok deket) JJ
Nah……. Dari berbagai
tipe diatas dapat saya ambil kesimpulan bahwasanya menjaga mutu itu dapat
dilakukan dengan terus memperbaiki komunikasi dengan klien kita dan terus
menjaga standar yang telah ditetapkan.
Demikian pelajaran yang
dapat saya ringkas dari pertemuan kuliah kemarin. Mohon maaf jika ada salah
Wassalamu’alaikum
Wr. W
Tidak ada komentar:
Posting Komentar