Minggu, 10 Maret 2013

MUTU PELAYANAN KEBIDANAN


Kamis, 7 Maret  2013
Oleh :Zahrul Azhar Asumta, M.kes


( MATERI 1)


Assalamu’alaikum Wr.Wb
Dalam pertemuan kuliah  pertama dengan pak azhar  mengenai mutu pelayanan kebidanan,dan bagaimana menciptakan sebuah mutu  serta bagaimana kita mampu memberikan pelayanan kepada klien yang variatif adalah sbb:
Mutu dapat diartikan sebagai sebuah kesempurnaan/ kesesuaian terhadap sesuatu( layanan) dengan apa yang diharapkan oleh seseorang ( klien/pasien) sehingga tercapai sebuah kepuasan secara maksimal . pada dasarnya pelayanan yang kita berikan adalah harus mengarah pada satisfication seorang klien sehingga mereka merasa terpenuhi semua apa yang dibutuhkan atau diinginkan dan secara tidak langsung kita mampu menciptrakan pangsa pasar.
Menciptakan dan menjaga mutu merupakan hal mutlak yang harus kita jaga, dan mutu sendiri tidak hanya di artikan sebagai sesuatu yang mahal atau memerlukan biaya yang cukup besar akan tetapi  dapat kita ciptakan dengan menjaga komunikasi baik dengan klien dan memahami berbagai karakter dari seorang klien.
Menurut pak azhar dalam pertemuan kuliah yang lalu menjelaskan bahwa terdapat 4 tipe manusia di dunia ini, diantaranya:
1)      Manusia dengan tipe coleris
Manusia yang selalu berusaha  menguasai orang lain atau ingin selalu terlihan menonjol dan mempunyai kekuasaan dalam sebuah kelompok atau komunitas tertentu. Dan manusia dengan tipe yang seperti ini lebih suka dipuji atau disanjung- sanjung
2)      Manusia dengan tipe flekmatis
Manusia yang biasanya tidak mempunyai prinsip yang matang, selalu pasrah dan selalu menuruti kata orang lain yang dianggapnya benar.
Tipe yang separti ini biasanya cenderung apatis, tidak mau tahu dan tidak mau bicara panjang lebar
3)       Manusia dengan tipe melankolis
Manusia yang biasanya lebih peka dan sangat mudah tersinggung sehingg dalam berkomunikasi dengan tipe ini harus lebih hati- hati dan biasanya tipe ini lebih suka diajak curhat
4)      Manusia dengan tipe sanguinis
Manusia kebaradaannya selalu ingin dikenal dan diketahui orang lain, lebih suka memperlihatkan jati dirinya kepada orang lain. Dan cara berkomunikasi dengan tipe ini sebaiknya  bersikap SKSD ( sok knal sok deket) JJ
Nah……. Dari berbagai tipe diatas dapat saya ambil kesimpulan bahwasanya menjaga mutu itu dapat dilakukan dengan terus memperbaiki komunikasi dengan klien kita dan terus menjaga standar yang telah ditetapkan.
Demikian pelajaran yang dapat saya ringkas dari pertemuan kuliah kemarin. Mohon maaf jika ada salah
Wassalamu’alaikum Wr. W

Tidak ada komentar:

Posting Komentar